5 Cara Membangun Rumah yang Siap Bencana Banjir

10 Tips Renovasi Rumah Anda Setelah Kebanjiran Parah
16/12/2020
Manfaat Jasa Layanan Renovasi Rumah dari Kontraktor di Karawang
Manfaat Jasa Layanan Renovasi Rumah dari Kontraktor di Karawang
30/12/2020
Show all

5 Cara Membangun Rumah yang Siap Bencana Banjir

rumah siap bencana banjir

Dengan banjir yang melanda beberapa tempat di negara kita, banyak sekali pembahasan tentang bagaimana mencegah dan menangani banjir. Nah, bagaiman caranya membangun rumah yang siap bencana banjir?

Seperti biasa, perubahan iklim dihindari dengan hati-hati sebagai bagian dari kebungkaman resmi tentang masalah tersebut. Untuk hari ini, saya hanya ingin menyoroti lima cara berbeda untuk membuat rumah tahan banjir.

Sebagian besar teknik ini sudah mapan. Beberapa dari teknik ini telah digunakan selama ribuan tahun oleh komunitas sungai atau pesisir.

Saat cuaca menjadi lebih ekstrim, lebih banyak rumah yang berisiko banjir dan teknik ini akan menjadi lebih penting.

1. Ketinggian

rumah siap bencana banjir

Ini adalah cara tertua dan paling jelas untuk membangun rumah tahan banjir. Jika Anda harus membangun di dekat sungai atau laut, pastikan Anda mengangkat bangunan Anda di atas kemungkinan ketinggian air banjir.

Ada beberapa cara untuk melakukannya. Anda bisa membangun rumah panggung, bentuk tradisional di banyak tempat.

Anda dapat membangunnya di atas platform yang ditinggikan seperti rumah pantai, atau di tepi tanah atau beton. Gedung perkantoran yang lebih besar mungkin menempatkan tempat parkir mobil korban di bawahnya.

Rumah pohon juga bisa termasuk dalam kategori ini.

2. Dinding anti Banjir

rumah siap bencana banjir

Daripada meninggikan rumah Anda di atas air, teknik umum kedua adalah melindungi rumah atau properti Anda dari air dengan membangun dinding yang kokoh dan tahan air.

Ini dapat dilakukan untuk melindungi seluruh kota dan desa, tetapi tidak ada alasan mengapa hal itu tidak dapat dilakukan pada tempat tinggal individu.

Dinding perimeter dengan gerbang kedap air adalah salah satu pendekatan. Anda juga bisa memasukkan tanggul dan dinding ke dalam lansekap, menjaga agar air tidak masuk ke seluruh properti atau membiarkan taman membanjiri sekaligus melindungi rumah.

Itulah yang dilakukan insinyur Carl Canty, kiri bawah, agar tamannya bisa terendam air setinggi tiga kaki dan rumahnya masih kering. Contoh di sebelah kanan tidak terlalu kentara, tetapi tetap efektif.

3. Tahan Banjir dan Tetap Kering

rumah siap bencana banjir

Jika Anda ingin membiarkan air banjir mencapai dinding rumah Anda sendiri, Anda mungkin ingin membuatnya kedap air.

Hal itu dapat dilakukan dengan sealant, atau membangun dalam membran tahan air. Pintu dan jendela harus tahan banjir.

Titik masuk batu bata dan utilitas dapat dinaikkan atau disegel. Pada dasarnya, waterproofing kering adalah tentang mencegah air masuk ke dalam gedung. Hafencity Jerman, yang baru-baru ini saya tulis, menggunakan pendekatan ini untuk properti di tepi pantai.

Di bawah ini adalah beberapa pintu badai Hafencity di kanan bawah, dan sebuah rumah di Grand Rapids yang mendemonstrasikan prinsip di sebelah kiri.

4. Basah tapi Tahan Banjir

rumah siap bencana banjir

Alih-alih mencegah air keluar dari gedung, pendekatan alternatif adalah membiarkannya masuk tetapi meminimalkan kerusakan yang dapat ditimbulkannya: pasang lantai yang kokoh daripada kayu, pindahkan stopkontak ke atas dinding dan pastikan bahwa furnitur yang tidak dapat dipindahkan terbuat dari bahan yang aman direndam.

Tahan banjir basah sering kali digunakan untuk memperbaiki properti rawan banjir yang tidak dapat dijual oleh pemiliknya, yang memanfaatkan situasi yang buruk.

Rumah yang dibangun untuk itu jauh lebih baik, seperti rumah di kiri bawah yang dibangun tahan tsunami, atau rumah sakit tepi laut di Boston ini.

Direncanakan dengan mempertimbangkan perubahan iklim, lantai bawahnya memiliki kolam renang dan layanan non-esensial sehingga semuanya dapat banjir tanpa mengganggu perawatan pasien.

5. Rumah terapung

rumah siap bencana banjir

Menebak-nebak seberapa jauh banjir di masa depan akan naik adalah permainan yang berbahaya di era perubahan iklim. Jika rumah Anda bisa mengapung, dijamin selalu berada di atas air.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membangun ponton dan memiliki gedung yang selalu terapung. Di bawah ini adalah pengembangan terapung berbatas es di Belanda, yang memiliki banyak contoh arsitektur yang ditularkan melalui air. Rumah amfibi sedikit berbeda.

Mereka berada di darat dan hanya mengapung saat ada banjir. Bangunan pertama di Inggris baru saja selesai, dan ini satu di Thailand.

Rumah terapung ini lebih eksperimental, tetapi kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi di masa mendatang.

Apakah rumah kini terdampak banjir? Butuh jasa renovasi untuk memperbaiki hingga seperti sediakala? Hubungi kami, jasa renovasi rumah di Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkapnya?
Hi, apakah bisa tanya-tanya dulu tentang jas renovasi rumah?