Anggaran Biaya Untuk Membangun Rumah
4 Tips Sederhana Membuat Anggaran Biaya Untuk Membangun Rumah
01/03/2020
5 Cara Membuat Estimasi Harga Borongan Renovasi Rumah
5 Cara Membuat Estimasi Harga Borongan Renovasi Rumah
01/03/2020
Show all

Cara Hitung Biaya Bangun Rumah yang Tepat

Cara Hitung Biaya Bangun Rumah yang Tepat

Cara hitung biaya bangun rumah adalah salah satu hal paling penting yang harus kamu persiapkan ketika akan melakukan pembangunan rumah. Hal ini dikarenakan biaya pembangunan rumah sangat mempengaruhi budget yang dipersiapkan dalam pembangunan rumah. Selain itu, menghitung perkiraan anggaran biaya untuk membangun rumah juga dapat menghindarkan kamu dari penipuan oleh jasa kontraktor rumah yang tidak bertanggung jawab.

Namun kira-kira berapa sih biaya bangun rumah per m²? Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menghitung biaya pembangunan rumah? Untuk mengetahui jawabannya, yuk perhatikan ulasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan serta cara hitung biaya bangun rumah berikut ini.

Pastikan Luas Tanah

Sebelum menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pembangunan rumah, hal yang harus dipastikan untuk pertama kali adalah menentukan dan memastikan ukuran luas tanah. Luas tanah yang di maksud di sini adalah luas tanah yang akan digunakan untuk tempat membangun rumah. Ini artinya luas tanah tersebut artinya sama dengan luas dari ukuran rumah yang akan dibangun. untuk melakukan pemastian ukuran luas tanah ini kamu bisa mencari info dari pemilik tanah sebelumnya atau dengan meminta bantuan dari penyedia jasa kontraktor rumah melakukan penghitungan ulang. Akan tetapi bila kamu ingin melakukan penghematan biaya, maka kamu bisa melakukan perhitungan luas tanah secara mandiri.

Biaya Desain

Bila kamu belum memiliki desain rumah yang ingin kamu bangun tentu kamu harus menggunakan jasa dari seorang arsitektur untuk membuatkan desain rumah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kamu pastinya. Nah bila kamu menggunakan jasa dari seorang arsitektur, tentunya kamu harus menyiapkan biaya untuk membayar desain arsitektur tersebut. Namun penggunaan jasa arsitektur sendiri memang sangat disarankan, terutama bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman atau gambaran rinci tentang desain rumah yang baik dan sesuai keinginan kamu.

Biaya Material dan Tenaga Kerja

Hal paling penting dalam melakukan penghitungan biaya membangun rumah yaitu memperhitungkan biaya untuk material dan tenaga kerja. Sebab kedua hal ini merupakan hal paling pokok dalam pembuatan sebuah rumah. Rumah tidak akan jadi dibangun bila tidak ada material bangunan. Begitu pula bila tidak ada tenaga kerja yang akan membangun rumah tersebut. Sehingga biaya kedua hal ini harus dimasukkan ke dalam penghitungan biaya untuk bangun rumah.

Penghitungan biaya untuk bahan bangunan biasanya disesuaikan dengan besarnya bangunan rumah. Sebab semakin besar bangunan rumah yang dibuat maka semakin banyak bahan bangunan yang dibutuhkan. Sehingga semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Begitu pula sebaliknya.

Sedangkan biaya tenaga kerja bisa kamu hitung dengan beberapa sistem yang berbeda. Sistem pembayaran tenaga kerja yang biasanya digunakan, yaitu sistem upah harian, sistem upah borongan jasa atau sistem upah borongan penuh. Sistem upah manapun yang akan kamu gunakan tetap harus dimasukkan ke dalam cara hitung biaya bangun rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkanya?
Hi, kami bisa membantu Anda dalam masalah renovasi rumah, bangunan, kantor, dsb. WA kami sekarang juga.