Begini Cara Menghitung Harga Jasa Arsitek Rumah
Begini Cara Menghitung Harga Jasa Arsitek Rumah
04/03/2020
Agar Aman di Kantong, Hitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Sebelum Membangun Hunian
Agar Aman di Kantong, Hitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Sebelum Membangun Hunian
04/03/2020
Show all

Ketahui Harga Renovasi Rumah Per Meter Supaya Budget Tidak Membengkak

Ketahui Harga Renovasi Rumah Per Meter Supaya Budget Tidak Membengkak

Merencanakan merenovasi rumah dan ingin dupaya budget tidak Membengkak? Maka ketahui harga renovasi rumah per meter. Adalah penting Sebelum melakukan perbaikan rumah, sangat penting untuk mengetahui harga renovasi rumah per meter dalam menyusun anggaran. Anggaran yang disusun dengan baik dan cermat berguna untuk menghindari pembengkakan pengeluaran di tengah perbaikan.

Nah, berikut ini estimasi renovasi rumah yang perlu Anda ketahui untuk menyusun budget.

Menghitung Harga Renovasi Rumah

Terdapat dua cara dalam menghitung harga renovasi rumah. Yaitu sistem analisa harga satuan bangunan dan sistem meter persegi. Sistem perhitungan biaya bangun rumah per m2 ini terhitung lebih cepat dan mudah. Terlebih jika renovasi yang dilakukan adalah menambah bangunan rumah pada lahan kosong di sekitar bangunan utama. Sebab, Anda hanya perlu mengetahui berapa luas bangunan yang akan direnovasi dan harga bangunan per m2 di daerah Anda. Jika sudah, Anda tinggal mengalikannya.

Sementara untuk biaya renovasi tanpa mengubah struktur bangunan, Anda hanya perlu mengalikan biaya per meter persegi dengan luas area yang dikerjakan. Bila renovasi yang dilakukan adalah pengecatan ulang, maka Anda perlu mengalikan harga per m2 dengan luas dinding yang dicat.

Tips Renovasi Agar Tetap Hemat

Selain mengetahui harga renovasi rumah per meter, ada beberapa tips hemat dalam renovasi rumah. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Buat skala prioritas

Ketika melakukan renovasi rumah, Anda perlu membuat skala prioritas supaya tidak melenceng dari tujuan awal. Akan tetapi, komitmen pun tidak kalah pentingnya. Supaya Anda tidak tergoda untuk membeli barang-barang lain dengan alasan mempercantik ruangan padahal tidak terlalu dibutuhkan.

2. Gunakan bahan lama yang masih bisa digunakan

Bila Anda mempunyai bahan bangunan bekas hasil renovasi dengan kondisi yang masih layak, Anda dapat memanfaatkannya lagi agar lebih menghemat. Seperti pintu, jendela, atau barang-barang lainnya. Agar terlihat lebih cantik, Anda bisa memolesnya dengan vernis atau pelitur. Begitu pun dengan pemanfaatan furnitur lama yang bisa dimodifikasi.

3. Hati-hati dalam memilih kontraktor

Jasa kontraktor umum digunakan untuk membangun rumah ataupun renovasi. Secara hasil, biasanya jasa kontraktor akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Akan tetapi, Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memilih kontraktor.

Usahakan untuk mencari jasa kontraktor yang tidak hanya menawarkan harga terjangkau, tapi juga berpengalaman, profesional, dan mempunyai kualitas yang baik. Apabila anggaran Anda terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan jasa tukang.

4. Fokus pada anggaran biaya

Tujuan melakukan renovasi rumah adalah membuat hunian semakin nyaman. Oleh karena itu, fokus pada anggaran biaya dan menghemat pengeluaran yang tak terduga menjadi tindakan bijak dibanding terjebak kompetisi lingkungan sekitar.

Perhitungkan Keperluan Renovasi Secara Cermat

Beberapa tips di atas memang bisa membantu dalam menghemat anggaran selama renovasi. Tapi, yang paling penting adalah memahami rumus perhitungan volume harga dan menghitung segala keperluan dengan cermat. Bukan hanya harga renovasi rumah per meter saja tapi dari tahap awal hingga finishing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkanya?
Hi, kami bisa membantu Anda dalam masalah renovasi rumah, bangunan, kantor, dsb. WA kami sekarang juga.