Merawat Rumah di Musim Hujan Tiba? Inilah Beberapa Cara Lengkapnya

Foto Before After Proyek Perbaikan Rumah yang Menginspirasi
02/05/2020
10 Tips Renovasi Rumah Anda Setelah Kebanjiran Parah
16/12/2020
Show all

Merawat Rumah di Musim Hujan Tiba? Inilah Beberapa Cara Lengkapnya

Merawat Rumah di Musim Hujan Tiba? Inilah Beberapa Cara Lengkapnya

Musim  hujan datang. Persiapan apa yang Anda lakukan untuk rumah idaman Anda? Jika dirasa perlu renovasi untuk itu, konsultasikan dengan kami. Renovasi rumah Karawang. Dan berikut ini adalah beberapa tips perawatan rumah saat musim hujan. Bukan hanya kesehatan Anda yang perlu dijaga saat cuaca hujan, tetapi rumah Anda yang ada. Apalagi kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saat hari hujan. Jadi mari kita bahas tentang tips perawatan rumah di musim hujan ini.

Perhatikan rembesan air hujan, cipratan tanah dari luar, atau bahkan lembab pada dinding ruangan yang membuat hunian jadi tidak nyaman. Nah, yuk segera atasi permasalahan yang ada di sekitar rumah kita saat musim hujan tiba dengan tips berikut ini.

1. Periksa atap dan plafon

Menjelang musim hujan, periksalah atap dan langit-langit rumah Anda. Jangan sampai rumah Anda bocor sepanjang hari saat musim hujan. Untuk bagian atap, pastikan tidak ada genteng yang pecah atau dalam posisi bergeser.

Sebaiknya berikan lapisan cat anti bocor pada sambungan ubin agar atap Anda aman. Jika terjadi kebocoran atau rembesan air saat musim hujan segera perbaiki plafon. Jika dibiarkan, warna dinding dapat berubah dan jamur akan segera muncul. Itulah tips pertama merawat rumah  di musim hujan.

2. Periksa dinding rumah; Jamuran atau Lembab?

Dinding rumah juga rentan terkelupas dan berjamur saat musim hujan. Ini karena air hujan masuk dari dinding luar dan merembes ke dalam.

Rembesan air dari langit-langit yang mengalir melalui dinding juga bisa membuat teksturnya rapuh jika dibiarkan. Yang terbaik adalah melapisi dinding Anda dengan cat anti bocor agar tetap aman selama musim hujan. Itulah tips kedua merawat rumah  di musim hujan.

3. Periksa kelistrikan dan peralatan elektronik

Cuaca yang lembab saat musim hujan dapat menyebabkan kabel listrik terkelupas dan rapuh. Oleh karena itu, pastikan kabel power terbungkus rapat dan rapi. Jika Anda menemukan kerusakan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Jangan lupa jauhkan alat-alat elektronik tersebut dari tempat yang mudah basah agar tidak rusak. Langkah ini dilakukan untuk meminimalkan risiko korsleting, kebakaran, dan sengatan listrik. Itulah tips ketiga merawat rumah  di musim hujan.

4. Bersihkan sebelum masuk rumah

Sebelum masuk rumah, cuci dulu kaki sampai bersih di depan rumah, lalu keringkan telapak kaki di atas keset. Periksa juga apakah ada kotoran yang menempel akibat hujan di jalan raya. Apalagi jika Anda mendapat hujan lebat dan percikan air sepanjang perjalanan pulang.

Kini hampir semua rumah memiliki kran air di halaman depan. Namun, jika Anda tidak punya, cukup keringkan kaki Anda di keset dan langsung ke kamar mandi untuk membersihkannya. Dengan begitu rumah Anda akan tetap bersih. Itulah tips kelima merawat rumah  di musim hujan.

5. Gunakan alas kaki

Tips merawat rumah di musim hujan yang satu ini terkadang suka dilupakan. Sediakan alas kaki atau selop kamar agar lantai rumah tetap bersih saat ada orang yang berkeliaran di dalam rumah.

Pilih alas kaki yang mudah menyerap air dan mudah dibersihkan. Ingat, jangan gunakan alas kaki ini di luar rumah untuk mencegah kotoran masuk ke dalam rumah.

6. Sediakan rak khusus barang basah

Bukan hal yang bijaksana untuk sembarangan menaruh barang basah selama musim hujan? Sebagai gantinya, sediakan rak khusus untuk meletakkan benda basah dan letakkan di depan pintu rumah.

Letakkan payung dan jas hujan di rak agar lantai rumah tidak becek. Penting juga untuk menjaga kebersihan rumah saat musim hujan.

7. Perhatikan penggunaan karpet

Menggunakan karpet di musim hujan memang membuat Anda nyaman dan hangat. Namun akan berubah menjadi bencana jika tidak bisa dijaga kebersihannya ya, bisa jadi sumber kuman dan kotoran!

Saat musim hujan, karpet akan semakin lembab dan mudah tercium bau tak sedap. Sebenarnya lebih baik tidak menggunakan karpet terlebih dahulu agar lantai rumah lebih mudah dibersihkan.

Jika tetap ingin membuka karpet, perhatikan kebersihannya dan rajinlah memasukkannya ke dalam laundry.

8. Disinfektan saat membersihkan lantai rumah

In penting, apalagi sekarang ini sedang pandemi, covid-19. Ruangan yang lembab merupakan tempat favorit bagi kuman untuk berkembang biak. Bayangkan, jika rumah Anda banyak kumannya? Bisa jadi sumber penyakit, lho!

Nah, untuk merawat rumah saat musim hujan, rajin-rajinlah membersihkan rumah menggunakan desinfektan. Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh kuman. Bebaskan rumah Anda dari penyakit!

9. Pastikan ventilasi berfungsi dengan baik

Tips ini terkadang suka diabaikan meskipun penting. Pastikan ventilasi rumah Anda berfungsi dengan baik selama musim hujan.

Ventilasi berfungsi seperti pintu yang mengalirkan udara segar dengan lancar agar udara ruangan Anda tidak lembap.

Jika hujan deras, Anda bisa menutup ventilasi sebentar. Kemudian buka kembali jika hujan sudah reda agar pertukaran udara bisa lancar.

10. Pangkas tanaman sekitar rumah

Saat musim hujan, tanaman bisa tumbuh dengan cepat. Hal ini perlu diperhatikan dengan seksama. Mengapa? Karena tanaman yang rimbun kerap menjadi tempat favorit nyamuk dan serangga. Tanaman yang tumbuh terlalu tinggi juga beresiko jatuh atau tersambar petir saat musim hujan.

Menjelang musim hujan, usahakan memangkas tanaman di sekitar rumah agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Tidak perlu dipangkas semuanya. Rumahmu akan tetap nyaman dan asri, kan.

11. Lindungi furnitur terutama yang terbuat dari kayu

Lindungi furnitur yang mudah rusak jika terkena air, terutama yang berbahan kayu. Jauhkan dari tempat-tempat yang rawan percikan air, seperti dekat jendela atau pintu. Anda bisa mengecek cara merawat furnitur Anda agar tahan lama.

Jika rumah Anda menggunakan lantai kayu, jaga agar tetap kering. Kayu yang dibiarkan lembap dan sering terkena air bisa mudah busuk dan mudah pecah, bukan?

Itu tadi beberapa tips perawatan rumah saat musim hujan yang perlu Anda praktikkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan rumah. Jangan menunggu sampai kotor lalu Anda memutuskan untuk membersihkannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkapnya?
Hi, apakah bisa tanya-tanya dulu tentang jas renovasi rumah?