Penggunaan Rangka Baja Ringan untuk Renovasi Bangunan

Menambahkan Ruang Rumah dengan Membangun Basement
21/01/2021
Beginilah Cara Sederhana Membaca Proses Perencanaan Renovasi Rumah Menyederhanakan Renovasi Rumah
Beginilah Cara Sederhana Membaca Proses Perencanaan Renovasi Rumah
28/01/2021
Show all

Penggunaan Rangka Baja Ringan untuk Renovasi Bangunan

Penggunaan Rangka Baja Ringan untuk Renovasi Bangunan

Kami akan mengupas tentang baja ringan untuk renovasi. Renovasi merupakan persyaratan sosial dan ekonomi yang penting dan merupakan bagian yang semakin penting dari industri konstruksi.

Sedangkan penggunaan rangka baja ringan telah menemukan ceruk pasar di sektor ini, khususnya dalam perluasan dan adaptasi bangunan. Bingkai baja ringan sendiri terdiri dari bagian baja galvanis tipis.

Baja Ringan untuk Renovasi

Tulisan ini mengulas penggunaan terbaru dari rangka baja ringan pada bangunan yang sudah ada dan atap berlebih, dalam penyesuaian internal baru untuk konversi bangunan, dan penggunaan konstruksi modular untuk memperluas bangunan secara horizontal atau vertikal.

Atap berlebih adalah aplikasi yang menarik karena ruang baru yang layak huni dapat dibuat dengan biaya yang efektif tanpa membebani struktur yang ada secara berlebihan. Kelongsong berlebih menciptakan fasad baru pada bangunan yang sudah ada.

Pengujian fisika bangunan menunjukkan bahwa panel eksternal berinsulasi dapat dirancang untuk menawarkan ventilasi ‘tetesan’ untuk mengurangi risiko kondensasi di balik kelongsong baru sambil mempertahankan isolasi yang efektif.

Konstruksi modular menyangkut penggunaan unit volumetrik pra-fabrikasi sebagai kamar mandi / toilet, tangga dan balkon, yang merupakan teknologi mapan di banyak negara. Sementara itu, penilaian ekonomi menunjukkan bahwa pekerjaan renovasi dapat dilakukan secara swadaya dalam hal penghematan energi dan pendapatan sewa selama jangka waktu 20 tahun.

Renovasi bangunan, perbaikan dan pemeliharaan menyumbang 50% dari output industri konstruksi, dan sebagian besar pekerjaan ini berkaitan dengan renovasi besar bangunan. Ada banyak aspek renovasi di mana struktur dasarnya dipertahankan, dan bangunan disesuaikan dengan penggunaan barunya.

Berikut ini adalah berbagai bentuk renovasi rumah atau bangunan, meliputi pekerjaan:

  • Konversi bangunan untuk perubahan penggunaan atau hunian
  • Penambahan atap miring baru untuk menghilangkan penetrasi air dan menyediakan ruang baru yang layak huni
  • Penambahan kelongsong, jendela, dan fasilitas lain untuk meningkatkan penampilan dan mengurangi kehilangan panas melalui fasad yang ada
  • Ekstensi bangunan, termasuk fasilitas baru seperti toilet, tangga, lift,
  • Penguatan atau perbaikan struktur yang ada dan kain bangunan untuk memperpanjang umurnya, atau meningkatkan kapasitas muatnya.

Rangka baja ringan untuk renovasi semakin banyak digunakan dalam konstruksi baru dan renovasi. Komponen dasarnya adalah baja galvanis yang dibentuk dingin dengan bentuk C atau Z (sesuai BS EN 10327) [1], yang digulung dingin dari baja strip setebal 1,2 sampai 3,2 mm.

Ukuran umum adalah kedalaman 75 hingga 300 mm. ‘Baja ringan’ menyiratkan ringan, dan membedakan produk ini dari bagian baja canai panas yang lebih khas untuk rangka struktural primer.

Bagian baja ringan tipikal memiliki berat 2 hingga 5 kg / m, dan mudah ditangani di lokasi. Desain bagian baja ini (juga disebut ‘bentuk dingin’ atau ‘pengukur cahaya’) disajikan dalam BS 5950 Part 5 dan EN1993-3. Kerampingannya berarti bahwa kontrol terhadap tekuk lokal dan anggota, penghancuran jaringan lokal dan desain sambungan merupakan pertimbangan struktural yang penting.

Tabel desain member umumnya disediakan oleh produsen. Dalam rangka renovasi bangunan, aplikasi utama rangka baja ringan dan komponen baja lainnya adalah:

  • -Dinding dan partisi pemisah internal baru, yang diharuskan memiliki ketahanan akustik dan api yang baik, tetapi harus ringan
  • – dinding pengisi baru untuk mendukung kelongsong baru, atau sebagai alternatif, pelapis berlebih pada fasad yang ada menggunakan sub-rangka baja ringan yang mendukung berbagai bahan kelongsong ringan
  • -lebih dari atap datar yang ada, seringkali dengan penciptaan ruang baru yang layak huni
  • -unit modular baru yang digunakan untuk memperluas bangunan atau untuk menyediakan unit toilet atau kamar mandi baru, dan lift atau tangga eksternal
  • – lantai mezanin baru pada bangunan yang memiliki ketinggian lantai ke langit-langit yang sesuai.

Contoh dari aplikasi yang berbeda ini disajikan pada Gambar 1 hingga Gambar 3. Terdapat pasar yang penting dalam konversi blok perkantoran yang berlebihan menjadi apartemen, yang mencakup banyak fitur konstruksi di atas.

Demikian pula, merenovasi bangunan panel beton berkualitas buruk pada tahun 1960-an dan 70-an merupakan persyaratan yang semakin serius bagi banyak otoritas publik.

Ciri-ciri metode konstruksi yang dicari dalam aplikasi renovasi adalah:

  • Kecepatan konstruksi di lokasi melalui perakitan awal komponen utama di luar lokasi, jika sesuai
  • Ringan untuk meminimalkan pemuatan pada, atau penguatan, struktur yang ada
  • umur desain panjang (730 tahun) dan kemudahan perawatan dan penggantian
  • Kinerja dalam layanan yang baik, seperti insulasi akustik dan termal serta ketahanan terhadap kerusakan
  • Ketahanan api yang baik (yaitu konstruksi yang tidak mudah terbakar)
  • Gangguan minimal oleh kegiatan konstruksi dan aspek-aspek seperti pengiriman material.

Dinding Pengisi dan Pemisah Dinding pengisi ditempatkan di dalam kerangka struktural atau struktur pelat beton dan dirancang untuk menopang kelongsong dan untuk menahan beban angin yang diterapkan padanya.

Dinding pengisi terdiri dari bagian C dengan kedalaman biasanya 150 mm yang membentang secara vertikal antara trek atas dan bawah yang dipasang langsung ke pelat beton.

Beberapa gerakan vertikal diperbolehkan untuk pemasangan ke trek atas. Contoh konstruksi dinding baja ringan ditunjukkan pada Gambar 4.

Dinding ini diisolasi secara eksternal, yang sering dilengkapi dengan isolasi tambahan yang ditempatkan di antara anggota vertikal (tiang). Di permukaan bagian dalam, penghalang uap dan satu atau dua lapisan eternit tahan api dipasang.

Cladding ringan dapat dipasang melalui insulasi langsung ke tiang-tiang ini, tetapi pekerjaan bata memerlukan dukungan terpisah dari rangka atau pelat struktur utama atau dari pondasi.

Pengikat dinding, ditempatkan pada jalur vertikal terpisah dan dipasang pada tiang, memberikan dukungan lateral pada dinding bata. Dinding pemisah adalah dinding internal antar apartemen, dan dirancang untuk menyediakan insulasi akustik dan ketahanan api yang sesuai.

Secara umum, langkah-langkah perincian yang diperlukan untuk memberikan insulasi akustik yang baik juga cukup untuk mencapai ketahanan api selama 60 menit.

Dua lapis papan gypsum tahan api yang didukung pada palang yang lentur di kedua sisinya, dengan selimut penutup di antara tiang, memberikan pengurangan suara di udara lebih dari 53 dB, yang diwajibkan oleh Peraturan Bangunan Bagian E (termasuk faktor sambungan frekuensi rendah).

Motivasi untuk menggunakan dinding pengisi dan pemisah pada baja ringan terkait dengan kecepatan perakitannya, bobotnya yang ringan (terutama terkait dengan beban saluran lokal di lantai), insulasi akustik yang baik, dan kemudahan relokasi atau modifikasi di masa mendatang. Pasar baru yang penting ada di gedung apartemen, bioskop, dan rumah sakit besar di mana manfaat ini dapat direalisasikan.

Ekstensi Atap atau Atap Atap ‘Over-roofing’ adalah istilah yang digunakan untuk pembuatan struktur atap baru pada bangunan yang ada. ini mengambil tiga bentuk dasar:

  • Konstruksi ‘atap dingin’, di mana atap bernada baru menutupi atap datar atau agak miring dan insulasi ditempatkan pada atap yang ada.
  • Konstruksi ‘atap hangat’, di mana atap baru yang sering kali miring diisolasi dan sering kali memberikan bentuk mansard untuk digunakan layak huni
  • Ekstensi atap dari satu atau dua lantai yang dapat dihuni, menggunakan dukungan dari struktur yang ada.

Alasan utama pemasangan atap berlebih adalah kinerja atap yang buruk (seperti kebocoran air) dan keinginan untuk memanfaatkan ruang di atap, misalnya, untuk penggunaan bersama atau sebagai apartemen baru.

Bentuk konstruksi atap baru sangat bergantung pada apakah ruang tersebut dimaksudkan untuk digunakan layak huni atau tidak.

Di hotel dan bangunan komersial, atap baru juga dapat menyembunyikan pabrik servis dan rumah angkat yang tidak sedap dipandang. Nilai dari ruang baru yang diciptakan dapat membayar semua pekerjaan renovasi (lihat penilaian ekonomi).

Sumber: http://www.steel-renovation.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkapnya?
Hi, apakah bisa tanya-tanya dulu tentang jas renovasi rumah?