38 Desain Pagar Batu Alam Minimalis Terbaru
28/02/2021
5 Jenis Semen dan Kegunaannya Dalam Membangun Rumah
13/03/2021
Show all

Tips Membeli Tanah yang Aman

sale of building plot of land for house construction. cadastral map on field background. Tips beli tanah

Bila Anda berniat membeli tanah, perhatikanlah cara-cara yang aman membeli tanah agar terbebas dari masalah. Pasalnya, saat ini banyak kasus persengketaan tanah yang pada akhirnya akan merugikan. Pastikan bahwa tanah yang Anda beli tidak bermasalah. Berikut tipsnya!

Sebelum  memutuskan untuk membeli tanah, periksalah terlebih dahulu mulai dari segi kontur tanah sampai potensi tanahnya. Jangan beli tanah bergerak karena akan menimbulkan longsor di kemudian hari. Kemudian lihat lokasinya, apakah strategis atau tidak.

Pastikan surat-surat tanah yang akan Anda beli masih absah dan lengkap. Periksa apakah tanah sudah bersertifikat atau belum. Bila sudah, cek kembali apakah sertifikat tanah sudah berpindah tangan atau belum. Anda dapat memeriksa dengan meminta SKPT (surat keterangan pendaftaran tanah) dikantor kelurahan setempat.

Menurut Kasubsi Pengukuran dan Pemetaan Kantor Pertanahan kota Administrasi Jakarta Selatan, jika akan membeli tanah baik berikut bangunan ataupun tanah dalam keadaaan kosong, kumpulkan informasi dan data sebanyak-banyaknya berkait dengan riwayat kepemilikan tanah/ bangunan tersebut.

Data dan informasi dapat diperoleh dari pemilik tanah dan para tetangga, pejabat kelurahan, RT/ RW setempat serta instansi terkait, yaitu Badan Pertahanan Nasional Kabupaten/ Kota. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum melakukan transaksi jual beli tanah untuk menghindari adanya masalah kepemilikan tanah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Tanah yang bebas sengketa tentunya tidak akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, cek kembali apakah tanah bersengketa atau tidak dengan mengetahui riwayat tanah tersebut. Anda dapat bertanya kepada warga sekitar tentang tanah yang akan di beli mengenai asal usul tanah.

Periksa keabsahan sertifikat tanah. Anda dapat menggunakan jasa Pejabat Pembuatan Akte Tanah (PPAT) untuk memeriksa. Selanjutnya, PPAT akan memeriksa memeriksa keasliannya melalui BPN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkapnya?
Hi, apakah bisa tanya-tanya dulu tentang jas renovasi rumah?