Simulasi Singkat Perkiraan Biaya Membangun Rumah
Simulasi Singkat Perkiraan Biaya Membangun Rumah
16/03/2020
Anggaran Renovasi Rumah Minimalist
Ini Dia Rincian Biaya Bangun Rumah Minimalis
19/03/2020
Show all

Tips Menghitung Perkiraan Biaya Renovasi Rumah

Tips Menghitung Perkiraan Biaya Renovasi Rumah. Perkiraan biaya renovasi rumah – Untuk mendapatkan suasana rumah baru dan nyaman, Anda bisa melakukan renovasi pada hunian Anda. Berbagai jenis renovasi dapat anda pilih, seperti renovasi kecil serta renovasi besar untuk mengubah semua tampilan rumah. Anda tentu harus mengetahui perkiraan biaya renovasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat mempersiapkan anggaran untuk renovasi rumah.

Hitung Perkiraan Biaya Renovasi Rumah

Untuk membantu mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah sesuai keinginan, Kami akan bagikan perkiraan biaya renovasi, seperti tenaga kerja, contoh RAB dan kisaran biaya tiap meter perseginya.

a. Biaya Perkiraan Tenaga Kerja

Saat ingin merenovasi sebuah hunian, Anda harus tahu bahwa terdapat beberapa sistem pembayaran. Diantaranya sistem Borongan jasa, sistem harian, dan Borongan penuh. Pada biaya jasa Borongan harian, biasanya dikenakan kisaran biaya Rp. 125 ribu sampai Rp. 150 ribu per harinya. Dimana biaya tersebut hanya berlaku untuk biaya atas jasa saja, dan belum termasuk biaya material.

Sedangkan Borongan jasa sendiri, maksudnya ialah Anda melakukan pembayaran jasa sesuai luas proyek bangunan Anda, dengan biaya kisaran mencapai Rp. 1 juta sampai Rp. 1,5 juta per meter persegi. Pada sistem ini, besaran biaya yang mesti dibayar memang sudah pasti. Jika waktu pekerjaanya ternyata melebihi target, misalnya karena faktor hujan atau lainnya menyebabkan waktu pekerjaannya pun bertambah.

b. Besarnya Biaya Material dan Jasa

Biaya material dan jasa lebih dikenal sebagai sistem pembayaran secara Borongan penuh. Pada sistem yang satu ini, Anda pun tidak perlu repot lagi membeli material bangunan karena biaya yang dibayarkan termasuk jasa bangunan lengkap materialnya.

Jika yang dibutuhkan ialah renovasi besar, dan bukan renovasi untuk rumah sederhana, kisaran harganya pun lebih besar sekitar Rp. 2,5 juta sampai Rp. 4 jutaan per meter perseginya. Dimana harga tersebut tergantung dari jenis material bangunan yang dipilih.

c. Biaya Tanah dan Bangunan

Jika tanah sudah cukup, tentu Anda tidak perlu lagi menghitung poin ini. Cukup menghitung besarnya biaya material serta jasa tiap meternya, itulah gambaran total biaya yang dibutuhkan. Untuk pembelian tanah sendiri, misalnya jika Anda hendak memperluas ukuran rumah sekitar 25 m2, dengan harga tanah yang ada di lokasi Anda bernilai Rp. 1 juta per meternya. Dengan demikian, biaya yang diperlukan sekitar Rp. 1.000.000 x 25 = Rp. 25 juta.

d. Biaya Lainnya

Dikarenakan rumah adalah investasi yang paling besar, tentu Anda memerlukan perencanaan yang matang dan biaya yang mencukupi saat ingin merenovasi rumah. Anda tidak hanya harus mempersiapkan dana berdasarkan perhitungan di awal saja.

Alangkah baiknya, persiapkan pula dana untuk biaya lainnya sebab selama pengerjaan, kemungkinan besar terjadi beberapa hal diluar dugaan. Selain itu, perhitungkan pula biaya jasa desain rumah murah jika Anda menggunakan jasa desainer rumah.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam menghitung perkiraan biaya renovasi rumah. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan? Info Lengkanya?
Hi, kami bisa membantu Anda dalam masalah renovasi rumah, bangunan, kantor, dsb. WA kami sekarang juga.